Langkah Menjadi Pengusaha Boneka

Usaha pembuatan boneka bisa disebut satu diantara type usaha yang senantiasa eksis di tiap-tiap jaman. Hal semacam Boneka Profesi Wisuda ini permintaanya yang relatif stabil dari th. ke th., mengingat boneka adalah salah keperluan basic untuk anak-anak dalam bermain. Lantas bila menginginkan membuat usaha pembuatan boneka dalam taraf rumah tangga, apa sajakah yang harus dikerjakan?

Tersebut disini langkah-langkahnya.

  1. Penyediaan Alat serta Bahan

 

usaha boneka anakSecara umum, dalam pembuatan boneka yang memiliki bahan kain, terdapat banyak type bahan yang dapat jadikan pilihan untuk produksi boneka, diantaranya :

01.png

Bahan dalam boneka dapat memakai kain perca (kain sisa konveksi), dacron (dari serat kapas), atau silikon (berupa bulat kecil).

Material untuk luar boneka (kulit boneka) yaitu memakai beragam type kain, umpamanya Rasfur, Velboa, Nylex, serta Yelvo. Bahan rasfur memiliki ciri dengan bulu-bulunya yang panjang serta lembut. Harga sekitar Rp. 70ribu/yard (1 yard sekitaran 90cm x 160cm). Makin panjang serta tidak tipis bulunya, umumnya harga nya makin mahal. Pilihan kain yang beda yaitu kain type velboa, kain ini seringkali dipakai dalam pembuatan boneka. Bulu-bulunya umumnya lebih pendek dari rasfur, hingga harga nya lebih murah, yaitu sekitaran Rp 40ribu/yard. Bahan boneka dari kain Nylex seringkali kita temui pada boneka-boneka yang berupa manusia, seperti upin-ipin, popeye, dora, serta yang lain. Kainnya tidak tebal serta agak kasar, harga nya lebih kurang Rp 20ribu/yard. Bahan kain type Yelvo adalah product impor dengan bulunya yang pendek namun merasa begitu halus serta elastis, harga nya sektar Rp. 40ribu/yard.

Bahan beda yang perlu yaitu accessories untuk boneka, umpamanya pita, mata, kancing pakaian, dsb.

Perlengkapan paling utama yang dipakai yaitu mesin jahit listrik supaya sistem produksi lebih maksimum. Harga satu mesin jahit listrik sekitar pada 1, 5 juta sampai diatas 5 juta rupiah.

 

  1. Sistem Produksi

 

Untuk membuat satu boneka memiliki bahan kain itu dibutuhkan ketrampilan dalam jahit-menjahit. Akhirnya diawali dengan pemilihan bentuk boneka, pembuatan alur, penjahitan alur, serta pengisian bahan atau isi dalam boneka, serta paling akhir menambahkan accessories supaya lebih menarik.

 

  1. Tempat Usaha

 

Dalam taraf rumah tangga, anda dapat memakai satu diantara sisi tempat tinggal untuk jadikan tempat usaha sesaat atau membuat tempat produksi dengan ukuran minimum 4×6 m².

 

 

 

  1. Pemasaran

 

Dalam pemasaran, anda dapat membuat toko boneka sendiri, atau lakukan ekspansi pasar (jadi suplier) ke toko accessories, toko boneka di lokasi anda, ke minimarket, toko mainan, dsb. Bila modal anda memenuhi, jadi kerjakan juga pemasaran di internet (toko on-line).

 

  1. Kreativitas Bisnis

 

Satu diantara tantangan yang perlu dihadapi oleh entrepreneur lokal pembuatan boneka yaitu membanjirnya beberapa produk mainan serta boneka dari negeri China dengan harga yang murah, karna ditangani dalam industri besar. Untuk melawan hal itu serta bisa menarik hati customer sebanyak mungkin, jadi kreativitas jadi senjata andalannya. Ciptakanlah bentuk boneka yang ikuti tren jaman, seperti boneka angry bird, upin-ipin, dora, bernard bear, serta beda sebagainya. Atau bentuk boneka yang dapat mempunyai peranan beda, seperti boneka bantal, boneka topi, boneka tas, boneka dompet serta yang lain. Kreativitas product yang unik juga akan dapat melindungi ketangguhan usaha boneka anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s